Rabu, 09 Mei 2012

Tamanan Kota Indah yang Tak Terekspos


Belum ke Bondowoso Jawa Timur jika belum ke Tamanan!
kenapa begitu??
coba teman baca ulasan sekelumit tentang Tamanan kota kelahiranku



Tamanan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kata Tamanan sendiri berawal dari sebuah kisah kuno yang konon diambil dari sebuah Taman yang ada di desa tersebut. Posisinya kurang lebih berada di sumber air yang ada dibelakang SMU Tamanan. Tapi sayang taman tersebut sudah tidak seindah dulu lagi bahkan sudah rusak dan sumber yang dulu sering dibuat mandi oleh masyarakat sekitar sudah mulai mengecil debit airnya.
Tamanan dulunya juga merupakan Kawedanan, Kawedanan ("ke-wedana-an", bentuk bahasa Jawa) adalah wilayah administrasi kepemerintahan yang berada di bawah Kabupaten dan di atas Kecamatan yang berlaku pada masa Hindia-Belanda dan beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia yang dipakai di beberapa Provinsi (misalnya Jawa Barat dan Jawa Timur). Pemimpinnya disebut wedana. 
Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Assistent-Residentshuis Bondowoso TMnr 10020829.jpg
Pada masa kini kawedanan sudah dihapuskan namun posisi wedana di beberapa tempat masih diisi oleh pejabat yang disebut Pembantu Bupati yang tidak memiliki kewenangan pengambilan keputusan. Wilayah kerjanya disebut Wilayah Pembantu Kabupaten. Untuk di Tamanan kawadanan sudah di hapuskan juga dan gedungnya yang berada di sisi selatan  alun-alun Tamanan sekarang beralih fungsi jadi kantor kecamatan Tamanan.
Tamanan merupakan Kota satelit di Bondowoso. Dengan Produk Pokok yaitu Tahu, yang merupakan turunan dari Tahu Kediri. Tapi bedanya, jika di Kediri dikenal dengan Tahu Kuning dan tekstur yang sedikit keras, sedangkan di Tamanan tahunya di goreng dengan suhu tertentu dengan 3 kali pemanasan sehingga tahu tersebut beronga dan empuk untuk dimakan. Karena ciri khas tersebut sebagian menyebutnya dengan Tahu Tamanan.
Sebagai kota satelit di Bondowoso,saat ini berbagai pengembangan dilakukan di kecamatan Tamanan. salah satunya adalah pengembangan Desa Wisatan Tamanan serta Desa Wisata Kalianyar.
Ada juga sesuatu yang unik di desa Tamanan yaitu Batu Katak dan Sumber Macan. Batu katak adalah batu yang berbentuk katak besar yang berada di jalan raya Tamanan – Bondowoso, sedangkan Sumber Macan adalah sumber air yang ada di timur Tamanan yang konon tiap malam tertentu muncul sosok macan/harimau di situ.

1 komentar:

  1. Sudah lama g sambang Tamanan, jadi inget tiap pulang sekolah sering lewat depan kantor kecamatan/alun alun

    BalasHapus

Like FB